Tugas UTS Jarkom

1. MAC  Address  dan IP Address

MAC Address kepanjangan dari Media Access Control Address. MAC address adalah sebuah nomor identitas hardware yang unik, digunakan untuk membedakan setiap perangkat yang ada di dalam jaringan komputer. MAC address disusun atas enam buah -digit ganda- nomor hexadecimal yang dipisahkan oleh tanda titik dua. Contoh alamat MAC address adalah seperti berikut: 00:0d:83:b1:c0:8e

IP Address yaitu sistem pengalamatan di network yang direpresentasikan dengan sederetan angka berupa kombinasi 4 deret bilangan antara 0 s/d 255 yang masing-masing dipisahkan oleh tanda titik  (.), mulai dari 0.0.0.1 hingga 255.255.255.255.

Kedua layer ini terdapat pada network layer.

2.

a. Layer

Adalah lapisan (konsep) dalam networking / jaringan dalam gambar diatas ialah (highe, middle, dan lower layer)

b. Service

Adalah layanan yang diberikan oleh penyedia jasa pengantaran surat.

c. Service Provider

Adalah penyedia layanan jasa dalam hal ini adalah kantor post.

d. Service user

Adalah layanan yang diberikan oleh provider kepad user yaitu layana jasa pengiriman surat

e. Protocol Data Unit (PDU)

Protokol yang digunakan untuk transmisi data. Dalam proses ini adalah aturan yang digunakan dalam pengiriman surat mulai dari penulisan surat pemasukan ke kotak pos dsb.

f. Service Access Point (SAP)

Adalah jalur yang disediakan oleh provider untuk menyampaikan paket yang akan dilewatkan di dalam.

g.  Peer protocol

Adalah aturan yang digunakan dalam penyampaian paket (surat) agar paket yang dikirim oleh pengirim dapat diterima dan dimengerti oleh penerima dengan baik

3.

a. Repeater

Di dalam jaringan komputer, repeater berfungsi untuk memperpanjang rentang jaringan dengan cara memperkuat isyarat elektronis. Dengan menggunakan repeater, LAN yang memakai ethernet dapat diperpanjang rentang jaringannya sampai 20 km dengan memasang repeater pada setiap 2,5 km.

b. Hub

Hub Alat penghubung atar komputer, semua jenis komunikasi hanya dilewatkan oleh hub. hub digunakan untuk sebuah bentuk jaringan yang sederhana.

c. Bridge

Pengertian dari sebuah bridge adalah bekarja pada data link layer pada OSI. Bridge adal alat yang digunakan pada suatu jaringan yang berfungsi untuk memisahkan sebuah jaringan yang luas menjadi segment yang lebih kecil.

d.  Switch

Switch Sebuah alat yang menyaring/filter dan melewatkan(mengijinkan lewat) paket yang ada di sebuah LAN. switcher bekerja pada layer data link (layer 2) dan terkadang di Network Layer (layer 3) berdasarkan referensi OSI Layer Model.

e. Router

Router Alat yang bertugas untuk mengantarkan paket data dalam jaringan. router dapat digunakan jika tersambung paling tidak dengan dua jaringan yang berbeda sehingga pengaturan tersebut membutuhkan sebuah router.Router berada di sisi gateway sebuah tempat dimana dua jaringan LAN atau lebih untuk disambungkan

4.

Pada application layer data yang akan dikirm dipersiapkan untuk dilanjutkan ke transport layer pada transport layer data sudah mendapat tampabahn header, kemudian pada network layer data + header dari transport layer ditambahkan header kembali berikut pula pada datalink layer. Pada physical layer data tersebut dikonversi menjadi paket paket dan dipisah2 untuk dikirm melaui internet. Pada lapisan physical di sisi penerima data atau paket yang telah sampai dicek kelengakapnnya, bila lengkap maka akan dilanutkan ke layer atasnya diikuti dengan pelepasan header dari layer yang besangkutan dan demikian seterusnya sampai data samapi dan dapat dilihat oleh penerima.

About Andrik Supriadi

About my self.... I'm nothing without all people that i love arround of me. View all posts by Andrik Supriadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: