Penghujan dan Banjir

Musim hujan telah kembali datang untuk wilayah indonesia. Di Jakarta musim ini bisa menjadi berkah sekaligus bencana bagi beberapa orang. Berkah misalnya, datangnya musim penghujan memberikan kesejukan bagi warga kota yang hampir setiap hari hiruk piku dengan panasnya ibukota, sedangkan bencana ialah banjir bagi warga yang tidak bersiap akan antisipasi kedatanggannya.
Wilayah Kampung Melayu, kawasan ini hampir setiap tahun tak luput dari banjir. Selain daerah ini merupakan daerah tadah hujan yang telah beralih fungsi, daerah ini juga merupakan daerah padat penduduk yang berada di sekitar aliran sungai Ciliwung yang setiap saat hujan datang air luapan pasti akan menerjang wilayah ini. Ironisnya meskipun hampir setiap tahun ditempa banjir warga tak juga menyadari akan pentingnya lahan hijau.
Terdapat sekali penyebab datangnya banjir bila ditinjau lebih dalam. Mulai dari kurangnya lahan serapan air, minimnya penghijauan, buang sampah sembarangan sampai kurangnya sanitasi pembuangan air yang baik. Apalgi dengan musim hujan yang sulit diprediksi curah hujannya maka sangatlah perlu menjadi perhatian utama bagi semua pihak untuk peduli akan lingkungan sekitarnya terutama mempersiapkan hal hal yang bisa dilakukan untuk menanggulangi bahaya banjir.
Tak hanya penangulangan yang harus diperhatikan, akibat banjir pun tak kalah pentingnya ditanggulangi bagi daerah yang telah terlanda banjir. Diare, Muntaber, penyakit kulit sampai kelaparan mengancam wilayah tadah banjir. Dengan demikian banyaknya akibat yang harus ditanggung, tak ada buruknya kita waspada akan akibat akan dari banjir.

About Andrik Supriadi

About my self.... I'm nothing without all people that i love arround of me. View all posts by Andrik Supriadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: