Nikah Siri

Masih hangat di telinga berita tentang Rencana Undang Undang (RUU) pernikahan terutama terkait pernikahan siri. Dari informasi yang diperoleh dari media massa terdapat perbedaan mengenai kebenaran RUU tersebut, ada yang membenarkan akan keberadaannya ada pula yang menyanggah kabar tersebut. Terlepas dari kebenaran yang masih simpang siur mengenai berita tersebut, berikut akan penulis paparkan sedikit informasi yang terkait dengan nikah siri.

Pengertian nikah siri dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :
1. Pernikahan yang dilakukan tanpa wali
2. Pernikahan yang dilakukan dengan adanya wali dan terpenuhi syarat syarat lainnya tetapi tidak dicatat di KUA setempat.
Tetapi kondisi saat ini masyarakat lebih banyak menganut pengertian yang pertama dibanding yang kedua. Sedangkan menurut hukumnya hanya yang memenuhi syarat – syaratnyalah maka dianggap syah suatu pernikahan siri. Oleh karena itu penegertian kedualah yang merupakan pengertian sebenarnya dari nikah siri.

Suatu pernikahan secara siri dikatakan syah bila memenuhi syarat sebagai berikut :
1. Adanya calon suami dan calon istri
2. Adanya wali
3. Adanya dua saksi yang adil
4. Adanya mahar
5. Ijab dan qobul
dari kelima syarat tersebut tentunya tidaklah boleh ada satupun yang dilewatkan sehingga menyebabkan pernikahan yang terjadi menjadi tidak syah. Dengan demkian sangatlah penting bagi seseorang mengetahui syarat nikah siri agar tidak menjadi dosa dari niat baik yang diinginkan dari sebuah pernikahan.

Dengan semakin maraknya beredar berita tentang nikah siri, diharapkan dengan sedikit informasi ini dapat memberikan sedikit wasawan akan nikah siri. Mengingat sangat sakralnya suatu pernikahan janganlah sampai apa yang mungkin telah atau akan dilakukan menjadi tidak syah menurut agama. Alangkah lebih baik lagi andai suatu pernihakan diresmikan dalam jalurnya. Selain syahmenurut agama penikahan yang diresmikan juga menjamin keamanan kedua mempelai di kemudian hari. Jadi jangan sampai pernikahan yang terjadi menjadi masalah dikemudian hari.

About Andrik Supriadi

About my self.... I'm nothing without all people that i love arround of me. View all posts by Andrik Supriadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: